Rabu, 29 Mei 2013

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Perencanaan makan saat masa kehamilan sangatlah penting. Bukan hanya penting bagi si ibu, namun juga penting bagi janin yang dikandungnya. Janin harus mendapatkan cukup gizi agar sehat pada saat lahir.
Posisi janin saat hamil
Makanan selama masa kehamilan harus mengandung cukup protein yang tinggi nilainya, serta mineral-mineral lain seperti kalsium, fosfor, zat besi, yodium, dan berbagai jenis vitamin lainnya. Umumnya, jauh lebih baik bagi ibu hamil untuk menghindari makanan-makanan asin. Pemberian suplemen vitamin/mineral dari dokter atau bidan dapat juga membantu terpenuhinya kebutuhan gizi yang tinggi saat masa hamil.


Konsumsi
Keterangan
Nasi
Setengah mangkuk padat dalam satu kali saji. Walaupun terlihat kuno, alangkah baiknya jika beras yang digunakan adalah beras yang masih berkulit ari (beras tumbuk).
Minuman
Susu, minimal setengah liter sehari dan jus buah
Keju
Jenis apa saja
Telur
Sebutir sehari Eboza.com
Daging / pengganti daging
Daging, ayam, ikan, gluten, tahu, tempe. Sekurang-kurangnya 1 porsi besar setiap hari. Jika tidak bisa mengonsumsi telur atau susu, lipat gandakan porsi daging/pengganti daging
Buncis
Makin sering, makin baik
Sayur-sayuran
Sekurang-kurangnya tiga sajian setiap hari (satu sajian adalah setengah mangkuk). Sebaiknya bervariasi, mulai dari sayuran berwarna hijau dan berdaun seperti kangkung, bayam, labu dan wortel. Juga sayuran yang berdaging seperti terong, labu, dan tomat.
Lemak
Gunakanlah mentega atau margarine yang kaya dengan vitamin dan gunakanlah minyak goreng sesuai takaran.
Bahan makanan lain
Bumbu, kecap, dan penyedap rasa sebaiknya secukupnya saja. Bila sanggup, sebaiknya tinggalkan penggunaan penyedap rasa.

 Rencana Menu Saat Kehamilan

Sarapan
-   Buah-buahan atau jus buah
-   Telur, ikan, daging atau keju
-   Nasi atau roti dan mentega atau margarine yang kaya dengan vitamin
-   Susu
Makan siang
-   Susu atau kaldu
-   Daging, ayam, ikan atau pengganti daging
-   Sayur-sayuran
-   Nasi
Makan malam
-   Susu
-   Sup
-   Daging, ayam, ikan atau kacang-kacangan
-   Sayur-sayuran
-   Nasi


Makanan yang harus dihindari saat kehamilan

Minuman ringan (sirup / softdrink dan minuman bersoda) dan minuman keras, pastel atau kue-kue yang berlebih-lebihan, terutama jika seorang ibu berat badannya sudah melebihi normal. 
Jangan lupa juga untuk memeriksakan berat badan dengan seksama selama masa kehamilan. Pertambahan berat badan rata-rata bagi seorang ibu yang hamil sebaiknya jangan sampai melebihi 10 kg dari berat badan ideal. Bisa diasumsikan, pertambahannya adalah 1 kg setiap bulan selama masa kehamilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar